Ada fenomena lucu di tengah masyarakat penghobi cocok tanam. Yaitu menjadikan penyedap makanan Monosodium Glutamate alias MSG sebagai pupuk. Entah siapa pelopor awalnya, pun jika dilihat dari banyaknya youtuber yang membahas “trik berkebun” ini, sepertinya memang banyak yang tertarik mengamalkannya.

Ide awalnya sepertinya bermula dari sebuah penelitian ilmiah mengenai pemanfaatan limbah cair dari pabrik MSG sebagai pupuk. Namun kemudian malah ada yang terpikir menggunakan produk utamanya. Memang jika kita lihat rumus kimia dari MSG (C5H8NO4Na) terdapat atom Nitrogen di dalamnya. Nitrogen merupakan salah satu unsur yang penting bagi pertumbuhan tanaman. Tapi apakah tepat jika kita gunakan MSG sebagai pupuk? Yuk kita cek!

Peringkat NPK

Peringkat NPK (NPK rating) digunakan untuk memberikan label pada pupuk berdasarkan pada kadar relatif dari komposisi nitrogen, kalium, dan fosfornya. Nilai N adalah persentase unsur nitrogen berdasarkan berat dari pupuk. Nilai P dan K mewakili bentuk oksidanya dalam bentuk P2O5 dan K2O. Contohnya pupuk NPK 15-13-20 mengandung 15% Nitrogen, 13% Fosfor (sebagai P2O5) dan 20% Kalium (sebagai K2O) sedangkan sisanya 67% adalah bahan pengisi.

Kembali ke topik kita yaitu MSG. Yuk kita hitung Peringkat NPK untuk si micin alias MSG menggunakan kalkulator di bawah ini.


KALKULATOR RATING NPK
Rumus Kimia :

Nilai NPK :



Ternyata nilai NPK dari micin cuma 8-0-0. Artinya dalam micin atau MSG ada 8% Nitrogen (N) dan 0% alias sama sekali tidak memiliki Fosfor (P) maupun Kalium (K). Sekarang coba kita bandingkan dengan pupuk NPK buatan pabrik.

Jenis Pupuk Rating NPK Harga (1kg)
MSG 8 - 0 - 0 Rp 34.000
NPK Pusri 15 - 15 - 15 Rp 10.000

Ternyata rugi banget ya kalau kita gunakan micin sebagai pupuk.

Natrium

Satu lagi sisi negatif dari penggunaan micin sebagai pupuk yaitu kandungan Natriumnya. Walau memiliki fungsi yang sama dengan Kalium (K), pada kadar tertentu Natrium (Na) dapat bersifat racun buat tanaman. Jadi amat beresiko apalagi kalau kita gunakan pada tanaman perenial. Kalau tanaman semusim yang mati mungkin kita tidak akan terlalu sedih. Tapi coba bayangkan kalau akibat kecerobohan kita yang mati adalah pohon yang sudah bertahun-tahun kita rawat.

Referensi

https://ahmadiham.id/posts/pupuk-micin/

https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Monosodium-glutamate

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Labeling_of_fertilizer

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC139373/

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0961953411003576